Tari Banyuwangi Ikut Semarakkan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional

0
814

Oknwes.co.id, Kota Malang – Perhelatan kejuaraan para hafidz dan qari’ mahasiswa tingkat nasional kembali digelar. Pada tahun ini Kota Malang menjadi tuan rumah acara tersebut.

Dua kampus negeri yang ada di kota itu, Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB) yang mendapat amanah menggelar acara tersebut. Pembukaan acara dilakukan malam ini (Jum’at, 26/07/2017) dan pawai yang mengawali jalannya acara telah berlangsung sejak pagi hari.

Arak-arakan para khafilah masing-masing kampus memulai pawainya dari lapangan Stadion Cakrawala UM. Terlihat dari pawai tersebut juga terdapat drumband dan penampilan bermacam kesenian Islami dari beberapa daerah.

Salah satu kesenian yang ditampilkan dalam acara tersebut adalah Tari Rodad Si’iran, tarian khas Kabupaten Banyuwangi yang bernuansa Islami.

Tarian tersebut dibawakan oleh 4 mahasiswi cantik dari 3 perguruan tinggi yang berbeda, 2 mahasiswi dari UM, 1 mahasiswi dari UB, dan 1 mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) anggota Sanggar Seni Rempeng Jogopati Ikawangi Malang Raya.

Salah satu gerakan tarian yang di tampilkan pada Pawai Ta'aruf MTQ MN XV(Dokumentasi Pribadi)

Menurut Clara (20) salah seorang penari Rodad Si’iran mengunggkapkan dirinya cukup bangga menjadi penari dalam acara ini karena dapat memeriahkan MTQ-MN ke-XV ini. Mahasiswa yang sedang menjalani studinya di jurusan Biologi UM tersebut berharap acara ini berjalan dengan lancar dan semakin tahun dapat semakin meriah.

Acara yang digelar dari tanggal 28 Juli sampai 4 Agustus 2017 itu diikuti oleh 251 perguruan tinggi seluruh Indonesia dengan 3000 peserta yang mengikuti perlombaan yang ada di dalamnya. Jumlah tersebut merupakan jumlah peserta yang paling banyak semenjak pertama kali acara ini digelar. (Assa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.