Terapkan Pendidikan Berbasis Lingkungan, KKN 36 UMM Sasar Siswa dan Masyarakat

0
105

Oknews.co.id – Malang. Senin, (10/2/20). Sambangi Sekolah  Dasar dan Menengah di Campurdarat, Tulungagung, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 36 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) demonstrasikan teknik penanaman pohon.  Sebanyak lima belas bibit Mangga Pisang diarahkan pada tiga sekolah. Bersama Siswa dan Guru, Mahasiswa KKN jelaskan tentang wawasan pendidikan lingkungan.

Tiga sekolah sasaran tersebut adalah Madrasah Ibtidaiah (MI), Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Campurdarat. Sebelumnya, bersama masyarakat mahasiswa KKN UMM  menenam 50 bibit mangga varitas baru ini di Hutan Desa.

70 bibit tersisa lainnya dibagikan ke masyarakat dan instansi setempat seperti Polsek, Koramil dan Kantor Kecamatan.

Kepada kami, Laila Nur Akhroma menegaaskan pendidikan berbasis lingkungan adalah pondasi yang yang wajib ditanamkan pada anak, mengingat turunnya kesadaran masyarakat menyikapi perubahan iklim dan bahaya banjir saat ini.

“Disini itu panas, rawan banjir pula. Jadi kalau semisal anak tidak pahamkan sejak dini malah bisa lebih parah”. Terang perempuan yang biasa dsapa Ela itu.

Heru, salah seorang warga Campurdarat mengaku cukup antusias dengan kegiatan ini. Pasalnya, tanaman yang ditawarkan mahasiswa KKN memiliki keunikan tersendiri, seperti ukuran yang tidak teralu tinggi untuk berbuah, cara mengupas yang mirip seperti pisang, buah yang manis, serta daging yang tidak terlalu lengket dengan bijinya.

“Saya sampai ambil dua bibit lo mas, nanti tak tanam di kebun belakang rumah”. Ucap Heru sambil tertawa.

PLT Kepela Desa Campurdarat, Dian Wahyu Saptoto menambahkan, KKN 36 UMM sedang mengerakan masyarakat secara tidak sadar.

“Jadi dengan tanpa berbasa-basi tentang peduli lingkungan, orang akan ikut sendiri. karena ada  yang menarik disana. Buah yang unik dan bernilai ekonomis. Menurut saya ini treatment yang bagus dari adik-adik KKN”. Tegas Dian.

(Galan Rezki Waskita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.