Terbakarnya Kandang Ayam di Blitar, Ribuah Ayam, dan Anakkan Terpanggang

0
35
Foto kebakaran di kandang ayam Desa di Plosorejo, Kecamatan Kademangan wilayah Kabupaten Blitar

Oknews.co.id – Kabar kebakaran, kini peristiwa kebakaran itu terjadi lagi di sebuah Desa di Plosorejo, Kecamatan Kademangan wilayah Kabupaten Blitar, tepatnya peristiwa kebakaran tersebut kabarnya menimpa salah satu bangunan yang di gunakan sebagai usaha peternakan ayam sayur. Kabarnya kebakaran tersebut diduga kuat akibat, asal-muasalnya dari bocorannya sebuah tabung gas elpigi berukuran 3 kg.

Akibat, dari kebocoran tabung gas 3 elpigi itu mengakibatkan ribuan Ayam sayur di perternakan mati terpanggang hidup-hidup, serta membakar sebuah sepeda motor serta stok pakan dari dua bangunan yang lain. Kejadian ini mengakibatkan, sang pemilik usaha peternakan kadang ayam, yang bernama Samsul Maarif mengalami sebuah kerugian besar sejumlah Rp 700 juta.

Menurut informasi, yang di dapat dari korban kepada pihak polisi, peristiwa tersebut sekitar pukul 02.30 wib dini hari, bermula dari dia mendengar suara gas elpigi yang bocor.  Tak hanya suara yang berdesis, namun korban juga sempat mendengar suara ledakan tersebut. Sebab posisi rumah korban yang juga tak jauh dari tempat kejadian yang hanya berjarak 20 meter di sebelah Selatan kadang Ayam miliknya, sehingga korbanpun bergegas lari ketempat asal suara ledakan tersebut. Di lansir dari detik.com

“Sehingga saat itu di ketahui bahwa kandang ayam sayur, yang bagian tengah telah terbakar sebagian. Selanjutnya korban langsung meminta tolong pada tetangga dan warga untuk memadamkan api. Namun rupanya api semakin besar saja, dan karena kandang itu terbuat dari bahan yang mudah terbakar yakni seperti (kerangka kayu yang sangat mudah terbakar, dan atapnya pun esbes, serta dindingnya dari kayu bambu dan terpal serta pampang kayu bambu dilapisi dengan sekam padi).” Jelas Kabag Humas Polres Blitar lptu M Burhan. Jum’at (19/102018).

Api juga berhasil melahap 2 bangunan kandang ayam, yang berada di dekatnya. Masing-masing berukuran panjang 40 m x 12 m dan yang berukuran 40 m x 7 m. Selain itu api juga membakar isi satu gudang kadang tengah. Bagian tengah ini berisi anak ayam sayur berjumlah 10 ribu dan kandang selatan  berisi 7 ribu anak ayam yang masih berumur 3 hari, tak hanya memanggang anak ayam hidup-hidup api juga menghanguskan 120 sak sebagai bahan pakan ayam ternak, 1 buah motor  Rx king nopol AG 6397 KB, 1 buah diesel Dong Feng, serta 60 gas tabung elpigi 3kg. Sebanyak  52 tabung gas masih penuh dan 8 tabung kosong, serta alat-alat peternakan lainnya.

Api berhasil di padamkan sekitar pukul 04.00 wib dibantu 1 unit mobil pemadam kebakaran. Dari hasil penyelidikan sementara yang dilakukan oleh pihak kepolisian, penyebab kebakaran tersebut dimungkinkan dari regulator gas yang digunakan sebagai pemanas anak ayam tersebut bocor dan akhirnya terjadilah sebuah peristiwa kebakaran itu. (Ramadan/Rama).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.