Tiga Mahasiswa UM Berhasil Ciptakan Desinfektan Pembunuh Mikroba dalam Air Minum Menggunakan Batuan Zeolit Alam

0
225

Oknews.co.id, Malang – Air minum sebagai kebutuhan pokok manusia, harus sehat dan aman. Air minum yang sehat harus terbebas dari bakteri dan mikroba. Pada umumnya, masyarakat pedesaan merebus air untuk dijadikan air minum. Padahal harga bahan bakar juga cukup mahal dan terkadang mengalami kelangkaan.

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menciptakan desinfektan pembunuh mikroba dalam air minum menggunakan batuan zeolit alam yang ketersediannya cukup melimpah di Indonesia. Zeolit sendiri merupakan batuan sedimen vulkano yang memiliki struktur berongga sehingga dapat dimanfaatkan sebagai adsorben atau penyaring alami.
Melalui ajang Program Kreativitas Mahasiswa yang diadakan oleh Kemenristek DIKTI, tiga mahasiswa UM yang terdiri atas Tria Lismawati (Kimia), Wahidah Nur Lutfika Amini (Kimia) dan Yolanda Faradilla Fadli (Kimia) membuat proposal tentang pemanfaatan zeolit alam sebagai pembunuh bakteri pada air minum yang akhirnya lolos didanai pada tahun 2018.

Tim PKM ini memulai penelitian sejak bulan April 2018. Diawali dengan pengambilan bongkahan zeolit alam di daerah Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan, kemudian diaktivasi menggunakan metode fisika. Zeolit alam yang telah aktif ini selanjutnya dimodifikasi dengan cara diimpregnasi zink nitrat, yang mana zink nitrat ini memiliki keunggulan dapat membunuh bakteri pada kadar yang relatif rendah serta tidak berbahaya bagi tubuh.

Untuk membuktikan berhasil dan tidaknya penelitian ini, Tim PKM dibawah bimbingan Ibu Fariati Dosen Kimia UM, melakukan pengujian mikroba pada sampel air yang diberi zeolit terimpregnasi zink nitrat dan tanpa zeolit. Setelah diuji ternyata sampel air tanpa zeolit menghasilkan jumlah koloni yang sangat banyak. Sementara sampel air yang diberi zeolit terimpregnasi zink nitrat, semakin tinggi kadar zink nitratnya menghasilkan jumlah koloni yang semakin sedikit.

Melihat keberhasilan zeolit alam dalam membunuh mikroba pada air tersebut, tim PKM ini berharap agar penelitiannya terus dikembangkan sehingga potensi dari zeolit alam ini dapat termanfaatkan dengan baik. Salah satunya bagi masyarakat yang tinggal di daerah dengan potensi zeolit melimpah, mereka dapat memanfaatkan zeolit untuk menyaring air sehingga dapat diminum secara langsung tanpa harus direbus dan menghemat bahan bakar. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.