Tingkatkan Kinerja Perangkat Desa, Mahasiswa KKN UM Jatisari adakan Workshop Pembuatan Web

0
165

Oknews.co.id, Malang – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Universitas Negeri Malang 2018 menyelenggarakan kegiatan Workshop Pembuatan Web Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang pada Kamis, (7/6). Kegiatan yang mengundang profesional di bidang teknologi tersebut berisikan pemaparan materi mengenai workshop pembuatan Web untuk meningkatkan kinerja perangkat Desa Jatisari, mempermudah masyarakat untuk menemukan informasi terkait Desa Jatisari, serta mempublikasikan Desa Jatisari kepada khalayak umum.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Jatisari, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang tersebut menitikberatkan pada 3 (Tiga) poin utama, yaitu  mengenai pembuatan web, pengelolaan web serta mengoptimalkan kinerja perangkat Desa. Tujuan kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengetahui cara membuat sebuah situs website kantor desa. Didalamnya disajikan informasi mengenai segala hal yang dimiliki kelurahan tersebut.

Informasi yang disajikan dalam situs ini terdiri dari profil kelurahan, visi dan misi, peta wilayah, struktur kepengurusan, galeri foto serta pelayanan umum yang telah disediakan pada kantor desa tersebut. Selain itu juga untuk mewujudkan desa yang maju dan tidak buta teknologi.

Kegiatan workshop pembuatan web ini dihadiri dan diikuti oleh perangkat Desa Jatisari. “Workshop Pembuatan Web tersebut membuat perangkat desa lebih mengenal teknologi. Karena sebelumnya kami hanya sebatas mengenal google saja. Dengan adanya workshop tersebut, sangat membantu kami dalam mempublish informasi-informasi mengenai Desa Jatisari” Ujar Munir selaku Kebayan Desa Jatisari.

Kegiatan workshop tersebut terdiri dari 3 sesi, yaitu sesi pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi simulasi pembuatan web. Para perangkat Desa Jatisari terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terlihat dari para peserta saat sesi tanya jawab, begitu aktif menanyakan fitur-fitur yang terdapat dalam web.

Kegiatan workshop kali ini, kami tidak mendatangkan narasumber dari luar. Melainkan, narasumber kami adalah Mahasiswa KKN UM Desa Jatisari sendiri yang sedang menempuh kuliah Jurusan Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. “Workshop pembuatan web ini memang diperlukan oleh Perangkat Desa Jatisari, karena kurangnya pemahaman teknologi bagi mereka dan untuk kemajuan kinerja Desa Jatisari menjadi desa yang lebih maju” ujar Ari Gunawan Jatmiko selaku narasumber. (Sovin Immelda/Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.