Tips 7 Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

0
147
Seorang peserta dan Dr. Endang Suswati dalam acara Kuliah Pra Nikah (dok:red)

Oknews.co.id, Malang – Dalam memanajemen keuangan keluarga biasanya terdapat permasalah, dan rata-rata sering dialami pada suami istri yang baru menikah. Masalah yang dialami dalam keuangan keluarga diantaranya tidak seimbangnya antara pendapatan dengan pengeluaran keuangan, defisit, sulit menabung, boros, pengeluaran tak terduga, dan masalah kekurangan pendapatan.

Untuk itu pakar ekonomi Dr. Endang suswati dalam acara kuliah pra nikah yang diselenggarakan Aisyiyah Kota Malang pada (28/7) memberikan tips bagaimana mengatur keuangan keluarga agar lebih mudah.

1. Pahami Seluruh Aspek Keuangan Keluarga Anda. Mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki, dan juga mengetahui semua jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Lalu mengetahui jumlah hutang, cicilan rumah, atau cicilan kendaraan anda.

2. Buat Perencanaan Keuangan. Aturlah semua uang yang di punya, kemana uang itu akan digunakan atau berapa banyak yang akan disimpan. Buatlah rencana keuangan yang realistis, jangan terlalu ideal sehingga melupakan kebutuhan diri sendiri.

3. Mulai Menabung Bersama. Dengan memiliki tabungan, dapat lebih merasa lebih aman dan keuangan lebih stabil. Sisihkan sejumlah uang saat baru menerima gaji untuk ditabung, dengan begitu uang yang ditabung akan selalu ada. Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan sebelum itu sangat dibutuhkan.

4. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan. Keinginan dan kebutuhan rumah tangga harus di cermati. Keinginan lebih bersifat hedon dan lebih cepat boros.

5. Hindari Hutang. Hindarkan yang namanya hutang. Seringkali kita menjadi terbiasa untuk hutang karena menggunakan kartu kredit. Kembali lagi, masalahnya ada di bagaimana mengatur keuangan.

6. Tetapkan Target Keuangan Jangka Panjang. Hal ini saudaara lakukan agar memiliki cita-cita yang harus kamu capai di masa depan. Misalkan dalam 10 tahun ke depan, anda sudah harus memiliki uang di tabungan sebesar Rp100 juta, dengan memiliki target, anda bisa lebih fokus dalam mengatur keuangan dan meminimalisir pemborosan.

7. Mulailah Berinvestasi. Sisihkan uang tabungan untuk membeli emas atau tanah. Karena harga Emas dan tanah tersebut tidak akan turun. Jadi keluarga yang berinvestasi di tanah atau emas tidak akan mengalami kerugian.

(DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.