Ubah Barang Tak Bernilai Menjadi Barang Bermutu, KKN UM Wiyurejo Buat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi

0
36

Oknews.co.id, Malang – Mayoritas penduduk di Desa Wiyurejo bekerja sebagai peternak dan petani. Sumber daya hewani di desa ini sangat melimpah, terutama pada peternakan sapi perah. Selain menghasilkan susu dengan kualitas yang baik, timbul beberapa masalah baru yang dirasa perlu ditanggulangi.

Salah satunya yaitu permasalahan pembuangan limbah kotoran hewan. Sering kali kotoran sapi hanya berakhir sebagai limbah lingkungan. Tidak adanya pengolahan lebih lanjut akan hal itu menyebabkan pencemaran lingkungan terutama pada kebersihan sungai dan selokan.

(dok:red)

Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN UM Desa Wiyurejo berinisiatif untuk menciptakan inovasi baru sebuah produk untuk mengurangi limbah dari kotoran sapi. Melalui pelatihan pembuatan pupuk organik yang dilakukan bersama warga desa dan perangkat desa.

Proses pembuatan pupuk ini berlangsung secara bertahap dan memerlukan proses yang cukup panjang. Program kerja ini mulai kami lakukan pada hari minggu (26/5) sampai hari selasa (02/07).

Proses pembuatan pupuk kurang lebih 1 bulan dengan 3 kali tahapan. Kegiatan ini disaksikan oleh perwakilan dari perangkat desa dan beberapa perwakilan warga peternak sapi. Pada prosesnya pembuatan pupuk ini tidak secara langsung secara besar-besaran, namun menggunakan sampel dengan menggunakan kurang lebih 100 kg kotoran hewan.

Kegiatan ini menurut salah satu warga desa Wiyurejo, Anto (28) “kegiatan ini sangat positif, terutama untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, disisi lain bisa dimanfaatkan sendiri sebagai petani yang mempunyai ternak sapi sehingga mempunyai ke untungan yang berlipat” ujarnya.

(dok:red)

Upaya ini diharapkan dapat membantu warga desa agar mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan limbah kotoran hewan yang biasanya dibuang langsung ke sungai. Selain itu juga untuk meminimalisir pencemaran lingkungan dan bau tak sedap yang mana akan menjadi sarang bakteri dan menimbulkan penyakit.

Selain itu diharapkan juga dengan menggunakan pupuk organik diharapkan bisa meningkatkan hasil panen dan menjaga tanah agar tetap subur. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.