Ubah Kain Limbah Konveksi Menjadi Barang Berharga

0
38

Oknews.co.id – Singosari, KKN Mahasiswa Unikama mengubah kain limbah konveksi dan baju yang tidak terpakai menjadi barang yang sangat berharga yaitu “MASKER”.

Sejak bulan Maret pemerintah Indonesia mengeluarkan surat edaran untuk dipatuhi seluruh lapisan masyarakat yaitu wajib bermasker karena bermasker salah satu cara mencegah penularan virus yang melanda dunia yaitu “Covid-19”. Masker menjadi barang yang sangat berharga dan banyak dicari saat ini. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNIKAMA berinovasi untuk mengubah kain limbah dan baju yang tidak terpakai menjadi masker.

Dimulai dari peraturan pemerintah gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 tentang pembiasaan kehidupan “NEW NORMAL” mahasiswa Unikama yang KKN di dusun Gentong berharap masyarakatnya mematuhi peraturan tersebut. Dengan mematuhi protokol kesehatan di manapun dan kapan pun terutama pada saat keluar rumah wajib memakai masker. Berbagai penyuluhan dan pemberitahuan tentang perilaku NEW NORMAL telah dilakukan oleh mahasiswa UNIKAMA terhadap masyarakat dusun Gentong.

Lokasi KKN yang dekat dengan konveksi, maka banyak sekali kain dan baju yang tidak terpakai yang terbuang percuma. Maka para mahasiswa berinovasi membuat kain limbah tersebut menjadi masker dengan berbagai jenis dan variasi. Serta mengadakan pelatihan pembuatan masker untuk ibu-ibu PKK.

Kegiatan awal pembuatan masker dilakukan oleh mahasiswa dan ibu-ibu PKK setempat dengan memilih dan memilah kain yang sesuai ukuran standar masker. Mula-mula kain dipotong sesuai pola yang diingikan kemudian dijahit, bisa secara manual atau memakai mesin jahit sesuai kemampuan ibu-ibu, mahasiswa memberikan contoh sederhana pembuatan masker, dengan saling berkreasi ibu-ibu PKK dan mahasiswa menghasilkan masker dengan berbagai model.

Banyak tujuan yang diharapkan mahasiswa dalam pembuatan masker sederhana ini, dan ternyata hasil yang diperoleh lebih dari yang diharapkan.

Masker tersebut selain digunakan untuk mematuhi protokol kesehatan. Ibu-Ibu PKK dapat menambah pendapatan mereka, karena dapat memproduksi masker bermotif yang benilai jual.

Masker berperan sangat besar dalam mencegah penyebaran virus terutama Covid-19 maka dari itu mahasiswa unikama menjadikan sosialisasi pembuatan masker sebagai program pokok KKN Tahun 2020 ini.

Penulis : Dia Kasanah

Editor : Cakra Yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.