UM Malang dan Metro Lampung Gagas Pendidikan Era Milenial Membangun Daya Saing Bangsa

0
61

Oknews.co.id, Malang – Program pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Metro Lampung  menyelenggarakan Seminar Nasional yang diikuti mahasiswa Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan UM Malang dan Magister Manajemen Pendidikan UM Metro Lampung pada Jumat (7/12) di GKB 4 UM Malang.

Tema yang diangkat pada Seminar kali ini, yaitu Menggagas Pendidikan Era Milenial Membangun Daya Saing Bangsa.

Guru Besar UM Malang menyampaikan “Indonesia sekarang memasuki era revolusi Industri 4.0. Cirinya adalah semua yg dilakukan kehidupan manusia ini dengan menggunakan online.
Kita ini hidup di masa-masa cerdas dan bergantung pada big data dan berbasis internet” Ujar Ishomuddin

Selanjutnya, Fenomena yg muncul sekarang adalah munculnya rasa nasionalisme, ketakutan pada orang asing (xenophobia),  menurunnya budget, Perubahan demografis, perubahan politik global dan politik ekonomi.

Seharusnya untuk mengatasi itu misi manusia harus dirubah. Sedangkan pasar itu penting untuk dikerjakan, untuk mengembangkan manusia yang berkemajuan, Pungkasnya.

Ia berharap, Untuk menjadikan indonesia maju kuncinya adalah pendidikan. Cara mengajarnya harus sudah milenial.  Proses pembelajaran ditekankan pada efisiensi dan kualitas pembelajaran, Harap Ishomuddin

Sedangkan dosen Pascasarjana UM Metro mengatakan Di era milenial ini harus meningkatkan bahasa asing, karena jika tidak bangsa akan tertinggal karena negara lain sudah maju. Untuk itu mati ajarkan bahasa internasional agar anak didik kita lebih maju. Ujar Ichsan Dacholfany. (Dicky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.