Universitas Negeri Malang (UM) Gelar Pelatihan Paralegal dan Sosialisasi Bantuan Hukum di Turen

0
80

Oknews.co.id, Malang – Tim Pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan paralegal dan sosialisasi pemberian bantuan hukum secara gratis bagi warga tidak mampu di Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Neo Adhi Kurniawan, SP.d,. SH., MH serta beranggotakan Dr. Hj. Yuni Astuti, M.Pd, H. Suparman Adi Winoto, M.Hum, Dr. Sutoyo M.Hum.

Tim peneliti telah menyepakati dengan Pelaksana Jabatan Kepala Desa (PJ) Suryanto serta Sekertaris Desa (SEKDES) Drs. Masrur Kholili dengan diadakannya pelatihan paralegal dan sosialisasi pemberian bantuan hukum secara gratis bagi warga tidak mampu dengan sasaran Aparatur Desa Pagedangan, Beserta Jajaran Ketua Rukun Tetangga (RT) yang berjumlah 74, Ketua Rukum Warga (RW) yang berjumlah 12 serta Karang Taruna dan tokoh tokoh masyarakat.

Dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahu 2011 Tentang Bantuan Hukum, Paralegal adalah merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan, karena Paralegal memiliki peranan yang cukup besar dan sentral dalam pemberian bantuan hukum khususunya untuk warga masyarakat yang tidak mampu, dimana Paralegal lebih dekat dengan masyarakat dibandingkan dengan keberadaan Advokat yang masih sangat terbatas jumlahnya serta persebaran yang tidak merata.

Paralegal Sendiri adalah merupakan orang biasa yang tidak harus berlatar belakang pendidikan hukum, parlagel berasal dari semua kalangan dan tidak dibatasi jenjang pendidikan, paralagel adalah orang yang diberikan kemampuan hukum oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) atau lembaga lain yang memiliki kopetensi memberikan pelatihan seperti Universitas Negeri Malang, paralegal sendiri adalah merupakan orang yang menggerti dan konsen dalam bisang hukum yang diberikan hak oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahu 2011 Tentang Bantuan Hukum untuk melakukan pendampingan terhadap perkara hukum yang di alami oleh masyarakat khususnya masyarakat yang tidak mampu.

Pengabdian kepada masyarakat ini juga melibatkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Law and Justice dan dari Organisasi Advokat Perkumpulan Pengacara Indonesia, dari Perkumpulan Pengacara Indonesia yang diwakili oleh Advokat Dahri Abd. Salam SHi dan dari Lembaga Bantuan Hukum Law and Justice yang diwakili Oleh Advokat Choirul SH.

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya dari Tim peneliti Universitas Negeri Malang dan pihak desa Pagedangan Kecamatan Turen yang ingin meningkatkan kwalitas kesadaran hukum dari para aparat desa serta tokoh masyarakat untuk meningkatkan pemahaman serta pemenuhan hak mendapatkan perlindungan hukum oleh masyarakat termasuk oleh Paralegal, jika keberadaan paralegal diperbanyak maka akan semakin cepar pula masyarakat mendapatkan pemenuhan hak-hak dalam bidang hukum. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.