Usung Gus Ipul, PKB Harus Siapkan Cawagub dari Internal

0
447

Oknews.co.id, Surabaya – Pernyataan Ketua umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 untuk mengusung Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Calon Gubernur (Cagub) mendapat respon dari pegiat Forum Muda Demokrasi (FOMDEM) Jatim.

M. Hasan Baisuni, Sekjend FOMDEM Jatim mengatakan bila sebagai partai yang memiliki basis pendukung kalangan nahdiyin, wajar bila PKB mendengarkan dan patuh terhadap masukan para kiyai NU. “Apa yang dilakukan Cak Imin itu langkah yang tepat,” kata Baisuni saat dikonfirmasi. Kamis (25/05/2017)

Akan tetapi, lanjut mantan Sekretaris PC PMII Jember ini, PKB harus menyiapkan kader internal sebagai Cawagub yang akan mendampingi Gus Ipul. “Sebagai Partai pemenang di Jatim, bahkan satu-satunya Partai yang tidak perlu berkoalisi untuk mencalonkan Cagub-cawagub rugi kalau cawagubnya bukan kader PKB,” tandasnya.

Kalaupun, bukan Pak Halim yang jadi cawagub, menurut Baisuni, PKB Jatim masih banyak stok kader potensial. “ada Mas Imam Nahrawi yang saat ini Menpora, beliau kader potensi PKB yang bisa disandingkan dengan Gus Ipul,” ucapnya.

Saat ditanya soal kemungkinan menggangendeng Partai lain. “Ya koalisi tidak apa-apa juga, bisa dengan Golkar, kan ada Ridwan Hisyam yang saat ini anggota DPR RI. Tapi lagi-lagi lebih baiknya kader internal sajalah,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menegaskan bila akan mencalonkan Gus Ipul sebagai cagub dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang. Pernyataan tersebut disampaikan saat menghadiri acara Silaturahim Masyayekh Se – Tapal Kuda, Jawa Timur di Pesantren KH. Zainul Hasan Genggong, Desa Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (24/5/2017) siang.

Padahal sebelumnya PKB dengan tegas menyatakan akan mencalonkan Abdul Halim Iskandar yang saat ini Ketua DPW PKB sebagai Cagub Jatim 2018. Bahkan sebelumnya PKB sudah gencar mensosialisasikan Pak Halim Jatim Satu dengan taglennya “Holopis Kuntul Baris”.⁠⁠⁠⁠ (Haddy/Arya)