Wah!!! Ternyata terdapat Khasiat di Balik Buah Mengkudu

0
80
manfaat buah mengkudu

Oknews.co.id – Buah mengkudu termasuk buah dengan bau yang menyengat dan pada saat buah mengkudu sudah matang warna buah mengkudu akan tampak kekuningan. Tapi siapa sangka, ternyata buah ini terdapat banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Mari kita telusuri lebih dalam lagi apa saja manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah mengkudu ini.

Walaupun banyak orang yang menghindari buah ini ternyata mengkudu mengandung ragam zat dan nutrisi yang bisa membuat kamu tertarik. Buah ini mengandung flavonoid, asam lemak, fitokimia, dan beta sitosterol.

Sedangkan bubuk buah mengkudu sendiri mengandung serat makanan dan karbohidrat dalam jumlah sedang. Bahkan bubuk buah mengkudu juga mengandung vitamin C, vitamin A, sodium dalam jumlah sedang, vitamin B3, dan kalsium.

 

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam buah mengkudu membuatnya dipercaya dapat memberikan ragam jenis manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

 

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Kolesterol dalam tubuh kita pada dasarnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apabila kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka Anda akan mudah terserang penyakit berbahaya.

Sudah banyak sekali macam-macam penyakit mulai dari darah tinggi, stroke sampai dengan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jus mengkudu dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

  1. Meredakan Rasa Sakit pada Penderita Kanker

Meski tidak dapat menurunkan ukuran tumor, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mengkudu dalam jumlah wajar dapat membantu meredakan sakit pada penderita kanker, mengatasi rasa lelah, dan memperbaiki fungsi fisik.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak dari buah mengkudu mampu menghambat pertumbuhan sel tumor karena merangsang kerja sistem imun tubuh. Studi lain yang dilakukan menunjukkan bahwa buah ini dapat membantu efek obat antikanker mencapai efek yang lebih baik.

Namun, efek hebat ini tentu masih memerlukan tambahan data dan penelitian dalam skala lebih besar, agar bisa diterapkan dalam pengobatan kanker. Tetap mendiskusikan konsumsinya dengan dokter adalah pilihan paling bijak yang bisa kamu lakukan saat ini.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi jus buah mengkudu. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa ternyata mengonsumsi 118 ml jus buah mengkudu setiap harinya selama sebulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi tekanan darah yang normal kembali.

 

  1. Mengatasi Mual Pasca Operasi

Pada saat pasca operasi banyak hal-hal yang dirasakan pasien salah satunya adalah rasa mual. Dengan mengonsumsi buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rasa mual pada pasien pasca operasi.

  1. Membantu Mengurangi Nyeri Leher

Penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan fisioterapi dan minum jus buah mengkudu dapat mengurangi nyeri leher. Bahkan rutin melakukannya selama sebulan dapat meningkatkan fleksibilitas leher.

  1. Meredakan Rasa Sakit pada Penderita Osteoarthritis

Manfaat buah mengkudu selanjutnya dipercaya dapat dirasakan oleh penderita osteoarthiritis. Pasalnya, rutin mengonsumsi sekitar 80 ml jus buah mengkudu dipercaya dapat meredakan rasa sakit. Sehingga hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit.

 

  1. Berpotensi Memiliki Efek Baik bagi Penderita Diabetes

Melihat begitu banyaknya potensi dari buah mengkudu, ahli botani dan kesehatan terus mengkaji khasiat buah ini. Salah satunya, efek ekstrak buah mengkudu terhadap penderita diabetes.

Meskipun pemanfaatannya secara tradisional buah ini dianggap baik bagi penderita diabetes, penelitian terkait efek tersebut masih terbatas. Para ahli belum melakukan penelitian yang lebih jauh lagi selain pengujian terhadap hewan.

Untuk itu, kamu diharapkan tetap mengonsumsinya dalam batas yang wajar dan berdasarkan diskusi terlebih dahulu dengan dokter yang mendiagnosis diabetesmu.

 

  1. Baik untuk Menjaga Berat Badan

Pada penelitian yang dilakukan pada penderita obesitas, konsumsi jus mengkudu disertai dengan diet rendah kalori dan rendah garam dapat membantu mengurangi berat badan dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

Penelitian yang sama juga mengungkapkan bahwa penurunan berat badan yang terjadi berlangsung dengan stabil. Diduga, hal ini terjadi akibat mekanisme tertentu yang berguna mempertahankan massa sel otot.

  1. Meningkatkan Ketahanan Fisik

Kandungan antioksidan dalam mengkudu dapat membantu meningkatkan ketahanan fisik seseorang. Sebuah penelitian telah dilakukan untuk memastikan hal ini.

Hasilnya, mengonsumsi jus mengkudu selama 3 minggu sebanyak 100 ml setiap harinya tercatat dapat menunda tubuh merasakan lelah. Jus mengkudu juga dipercaya dapat mengurangi kerusakan sel otot akibat aktivitas fisik

 

Apa Kandungan Berkhasiat pada Buah Mengkudu?

Setiap bahan alam tentu memiliki kandungan yang bervariasi baik dari segi jenis dan jumlahnya. Buah mengkudu sendiri terdiri dari beberapa senyawa glikosida, senyawa alkaloid yang dikenal pahit, dan beragam senyawa antrakuinon yang juga sering diteliti para ahli.

Lebih lagi, buah pahit ini juga mengandung sedikit vitamin dan senyawa asam. Berikut rincian dari kandungan utama buah mengkudu tersebut:

  1. Senyawa glikosida

Salah satu senyawa dominan dalam mengkudu adalah skopoletin. Skopoletin merupakan glikosida yang terkandung juga di dalam ranti atau leunca, wiski, kopi dandelion, hingga pohon katimahar.

Senyawa ini sebenarnya merupakan racun yang digunakan tanaman untuk melindungi diri dari serangan hewan atau parasit. Untuk itu, konsumsi berlebihan sangat mungkin menimbulkan efek samping pada tubuh kamu.

  1. Senyawa antrakuinon

Selanjutnya adalah senyawa antrakuinon yang ada dalam mengkudu seperti damnacanthal, morindone dan rubiadin. Sebuah penelitian terus mengkaji efek dari antrakuinon dalam buah mengkudu yang diharapkan bisa memajukan pengobatan kanker di masa depan.

Senyawa antrakuinon di dalam buah mengkudu juga telah dikaji efek antibakterinya. Penelitian dilakukan dengan menguji ekstrak buah ini pada berbagai jenis bakteri. Namun, tetap diperlukan penelitian yang mendalam untuk memastikan jenis senyawa mana yang menimbulkan efek menakjubkan ini.

  1. Senyawa lain dalam buah mengkudu

Buah mengkudu juga mengandung kalium, vitamin C yang memberikan efek antioksidan, vitamin A, asam linoleat, karoten, dan beberapa senyawa asam amino.

 

Pentingnya Mengenali Efek Samping Buah Mengkudu

Pada dasarnya, mengkudu cenderung aman dikonsumsi sebagai buah. Namun, jika dikonsumsi oleh seseorang dengan kondisi tertentu, jus buah mengkudu dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan hati.

Selain itu, buah mengkudu juga tidak disarankan dikonsumsi pada ibu hamil, menyusui, penderita penyakit liver, dan penyakit ginjal. Pasalnya terdapat beberapa senyawa yang justru dapat mengancam kesehatan seseorang dengan kondisi tersebut.

Bahkan konsumsi mengkudu pada ibu hamil dipercaya dapat membahayakan janin. Meski belum diketahui dengan jelas penyebabnya, tentu ada baiknya untuk menghindarinya selama masa kehamilan dan menyusui.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, dan deretan manfaat buah mengkudu di atas mungkin membuatmu tertarik dan ingin mencobanya (Cakra)

sumber okaydoc.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.